Skip to main content

Tugas TIK

1. Apa yang melatarbelakangi digunakannya jaringan pada komputer?


Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer

2. Bagaimana perkembangan pola jaringan yang ada dari pertama sampai saat ini?


Ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

3. Gambarkan semua topologi jaringan
Topologi Star


Topologi Bus
Topologi Ring
Topologi Tree
Topologi Mesh

4. Apa yang dimaksud dengan
          A. LAN
          B. MAN
          C. WAN

A. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan local yang digunakan oleh suatu organisasi untuk berbagi sumber daya (resources sharing) seperti printer dan file. LAN biasanya dibangun dan dikelola oleh organisasi tersebut. Teknologi LAN antara lain Ethernet, Token Ring dan FDDI.
B. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

C. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN memungkinkan terjadinya komunikasi diantara dua perangkat yang terpisah jarak yang sangat jauh. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer–komputer atau file server pada lokasi lain.Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.
5. Dalam jaringan dikenal topologi jaringan contohnya mesh, jika kita memiliki 11 komputer yang akan dibuat jaringan mesh, gambarkan pola jaringannya


6. Jelaskan sejarah perkembangan pemakaian jaringan internet yang ada saat ini

Dengan internet kita dapat memperoleh banyak informasi. Untuk para pencari referensi,dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap.
Saat ini banyak pemakai internet yang mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya untuk dipublikasi dan disebarkan pada masyarakat luas.Sekarang ini di internet banyak ditawarkan barang. Kita dapat membeli barang yang ditawarkan tanpa harus mengunjungi penjual. Sistem ini dikenal sebagai e-commerce. Masyarakat juga mengenal chatting yang merupakan pola bicara di internet. Selain itu masyarakat juga mengenal e-mail yang merupakan pengiriman surat yang dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung asal penerimanya sedang online. Masyarakat sering menggunakan internet karena internet merupakan sumber bacaan lengkap dan berbiaya murah.
               
          7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan WAP

Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP. WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar telepon genggam, software developer dan organisasi yang lain.

8. Internet merupakan jaringan lkomputer yang terhubung secara internasional dan dikenal sebagai dunia cyber space, jelaskan apa yang dimaksud dengan kata tersebut

Cyberspace berarti internet adalah sebuah ruang dimana isinya merupakan informasi dan semua hal yang berkaitan dengan pengetahuan baik dalam maupun luar negeri

9. Berikan alasan mengapa melalui internet dapat memperoeh informasi yang sangat banyak tanpa batas

Karena internet merupakan sebuah jaringan umum yang dapat di akses orang dimana saja dan kapan saja. Semua orang dapat membuat artikel dan artikel artikel yang mereka buat akan masuk kedalam search engine dan akan di kategorikan sesuai dengan komposisi isi artikel

10. Jelaskan fungsi dari modem dan sebutkan syarat-syarat memilih modem sesuai dengan keperluan

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

11. Apakah fungsi dari
A. Hub
B. Repeater
C. Bridge
D. Router

 Hub berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi sebuah kelompok jaringan. Repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Bridge berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
           
12. Apa yang dimaksud dengan ISP, dan berikan contoh ISP yang ada

Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
Contoh : IM2, Telkom Speedy, Smart

13. Apa yang dimaksud dengan user ID, dan berikan contoh user ID

User ID adalah sebuah kombinasi kata kata pada sebuah situs agar menjadi identitas yang tunggal sehingga ID tidak dapat di temukan berulang hanya satu dengan jenis seperti itu. Contoh : admin123

14. Apa yang dimaksud dengan DNS, dan cara mengoperasikan DNS

 DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.example.com di internet browser maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 192.0.32.10 (IPv4) dan 2620:0:2d0:200::10 (IPv6).

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan2

Ulasan ini dilakukan berdasarkan video yang diambil dari YouTube yang diunggah oleh Techquickie pada tanggal 22 Desember 2015. Video ini berjudul  Ransomware As Fast As Possible  yang sudah ditonton sebanyak 274,374 kali ini memiliki durasi selama 5 menit 9 detik. Video ini menjelaskan tentang apa itu ransomware , bagaimana ransomware  bisa bekerja, dan bagaimana cara mengatasinya jika komputer kita sudah terlanjur terkena ransomware . Pertama, masuk ke windows safe - mode kemudian update anti - malware tools . Kedua, sering sering mem- backup data baik online maupun offline agar lebih mudah untuk mengakalinya jika mendapati terkena ransomware . Pendapat saya mengenai video ini adalah sangat bagus dan mengedukasi karna pada akhir akhir ini sedang dihebohkan dengan adanya ransomware wannacry  dan ini bisa menjadi solusi yang baik walaupun dalam video ini terlalu banyak iklannya jika dibandingkan dengan materi tentang ransomware  itu sendiri. Akun Github Pengulas: filzav

Ranking09

----------------------------------------- RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-1 ----------------------------------------- 01. [W09-009] 347  http://muhammad-rafi51.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-what-is-raid-0-1-5-10.html 02. [W09-022] 345  http://ilyasf-os.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-week-9-this-ssd-is-better-than.html 03. [W09-001] 343  http://os171-aiw.blogspot.co.id/2017/04/ulasan2-memory-explaining-ssds-2014.html  04. [W09-027] 340  http://nabillaaandini.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-linux-file-system.html 05.  [W09-031] 337 http://os-btharis.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-cloud-storage-types.html 06.  [W09-028] 335 http://osaffandhia.blogspot.com/2017/05/ulasan-2-3d-xpoint-tech-in-optane-ssd.html 07.  [W09-037] 333 http://fmardadi.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-disk-partitions.html 08.  [W09-021] 330 http://alvinabyanos1617.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-apple-file-system.html 09.  [W09-034] 327 http://blogosdfkrisna.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-cloud-computi

Cara membuat blog

Pada posting kali ini saya akan membuatkan  panduan   cara  membuat blog  yang disediakan secara gratis oleh blogger.com. Mungkin atau pasti kamu pernah mendengar istilah blog atau webblog kan? blog tidak jauh berbeda dengan website. yang membedakan jika website hanyalah situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog atau webblog menyediakan informasi secara dua arah, jadi para pengunjung bisa memberikan komentar tentang artikel atau content yang disediakan oleh pengelola blog itu, atau istilah lain Admin. Oh ya istilah lain dari blog adalah CMS jika dipanjangkan jadi Content Management Sistem. sedangkan orang yang mempunyai blog istilah nya blogger sebenarnya saat ini ada dua layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para bloger untuk ngeblog, yaitu blogspot (bloger) dan wordpress. Tapi kali ini saya akan memberikan panduan   cara membuat blog   dengan blogspot (blogger) saja. Alasan saya karena saya rasa cara  membuat dan mengelola blog di bloger l